Tugas Teller Bank dan Penjelasannya

Selain customer service, posisi lain di bank yang harus berhadapan dengan nasabah adalah teller. Bahkan tugas teller bank juga tergolong kompleks dalam melayani keperluan nasabah. Teller ini merupakan posisi yang nantinya berinteraksi secara langsung bersama nasabah.

Walaupun di era teknologi seperti sekarang ini aktivitas perbankan dipermudah dengan hadirnya mobile banking, akan tetapi peluang kerja di posisi teller tergolong cukup tinggi.

Jika kalian tertarik dengan posisi ini maka kalian perlu mempelajari apa yang menjadi tugas, tanggung jawab, dan juga syarat menjadi teller.

Apa Itu Teller Bank?

Ketika memasuki sebuah bank, kalian akan langsung menemukan banyak kubikel dengan petugasnya yang siap melayani nasabah. Petugas tadi terbagi ke dalam dua kategori yakni teller dan juga customer service.

Keduanya mempunyai tugas yang berbeda. Customer service umumnya sigap membantu para calon nasabah yang akan membuka rekening maupun memiliki permasalahan semacam pembuatan ulang kartu ATM dan aktivitas lainnya.

Kemudian untuk teller merupakan posisi yang melayani nasabah melakukan transaksi. Bentuk dari transaksinya bermacam-macam, seperti melakukan transfer, menarik uang, menabung, dan juga melakukan pembayaran yang lainnya.

Umumnya teller ada pada bagian front office. Jadi bisa dikatakan jika teller merupakan sosok yang berada pada garda terdepan di sebuah bank. Jadi cara teller memberikan service untuk nasabah akan berpengaruh ke reputasi bank tersebut.

Ketahui Tugas Teller Bank

Seorang teller tentunya akan lebih banyak melakukan interaksi bersama nasabah. Utamanya pelayanan yang paling mendasar yakni membantu nasabah di dalam melakukan transaksi keuangan semacam transfer uang, menarik uang, dan juga menabung.

Untuk lebih detailnya, berikut merupakan tugas dari teller bank:

Baca Juga:  Perbedaan Marketing dan Sales yang Perlu Diketahui

1. Memberikan pelayanan terbaik untuk nasabah

Teller bank dipercaya berhadapan secara langsung dengan para nasabah. Maka dari itu, teller selalu dituntut memberikan pelayanan yang terbaik tanpa perlu memandang kepada status sosial nasabahnya.

Jadi para teller diharapkan mampu dalam menyediakan solusi untuk seluruh keperluan transaksi nasabah yang erat kaitannya dengan perbankan. Sudah menjadi tanggung jawab bagi teller bank menuntut nasabah yang memerlukan layanan perbankan.

Untuk yang tertarik dengan posisi ini sebaiknya kalian wajib menunjukkan persona positif. Jadi para nasabah akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, jadi terciptalah sebuah hubungan yang bagus di antara penyedia serta pengguna jasa.

2. Melayani transaksi keuangan nasabah

Tugas teller bank lainnya yaitu melayani transaksi keuangan para nasabah semacam penarikan uang tabungan, transfer ke rekening lain, dan penghitungan uang tabungan.

Mengingat tugas tersebut tergolong cukup penting, maka seorang teller perlu mempunyai tingkat ketelitian tinggi. Teller wajib untuk memastikan jika uang yang dihitung sudah dihitung secara benar memakai mesin yang ada.

Tidak hanya itu saja, kejelian juga diperlukan dalam membaca detail nomor rekening dan pemilik rekening guna menghindari kesalahan sumber dana.

3. Memeriksa kas

Tidak hanya berkutat dengan aktivitas transaksi nasabah, namun tugas yang lainnya adalah melakukan pemeriksaan kas sesudah terjadinya transaksi selama waktu kerja.

Hal yang dilakukan bukanlah perhitungan manual, akan tetapi memakai kalkulator ataupun alat bantu hitung yang lainnya.

4. Melayani transaksi pembayaran untuk uang kuliah

Tidak hanya melayani penarikan ataupun setoran uang nasabah. Namun teller juga melayani transaksi dalam bentuk lainnya. Salah satunya melakukan tagihan entah untuk pembayaran barang maupun uang kuliah yang umumnya diperlukan para mahasiswa.

Baca Juga:  Telemarketing Adalah? Ini Deskripsi Pekerjaannya!

5. Menginput data transaksi ke dalam komputer

Tugas seorang teller bank yang lainnya adalah memasukkan ataupun menginput berbagai bentuk transaksi ke dalam komputer. Tidak hanya itu saja teller juga perlu mengeluarkan tanda terima yang diperoleh dari komputer untuk selanjutnya divalidasi oleh teller.

6. Memberi pelayanan deposit dan cek uang tunai

Teller bank melayani pula jasa cek uang tunai serta deposit. Salah satunya adalah memastikan jika jumlah uang tadi telah tepat dan memeriksa keakuratan dari slip setoran.

7. Memeriksa data nasabah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika seorang teller perlu teliti di dalam melayani nasabah. Nantinya mereka perlu memeriksa data nasabah yang berupa nama lengkap, nomor rekening, dan juga data lainnya yang berkaitan dengan transaksi.

8. Melakukan identifikasi ketika ada kesalahan transaksi

Kesalahan transaksi bisa terjadi ketika melayani nasabah. Maka itulah kenapa tugas teller harus sigap dalam mengidentifikasi jika ada kesalahan dalam transaksi seperti ketika kredit dan debit tidaklah seimbang.

9. Berkutat dengan tugas administrasi

Administrasi perbankan meliputi pengarsipan, penginputan data ke komputer, pencatatan, yang merupakan tugas lain dari teller bank.

Teller bank juga memiliki tugas dalam menyampaikan informasi dan promosi produk maupun layanan kepada para nasabah.

Jadi itulah tugas teller bank yang bisa kalian ketahui, cukup kompleks bukan. Jika tertarik dengan posisi ini pastikan kalian memiliki keahlian dalam melayani nasabah.

Indra Wansyah

Author Since: Oktober 7, 2023

Tidak ada hal yang mustahil.

Leave Your Comment