
Tidak hanya teller namun petugas bank yang langsung berhubungan bersama nasabah yaitu customer service (CS). Jika teller memiliki tanggung jawab melayani semua proses transaksi. Namun tugas customer service bank yakni membantu pengurusan administrasi serta memberikan informasi soal layanan bank.
Jika kalian berminat untuk menduduki posisi customer service bank untuk karir impian. Maka informasi terkait pengertian dan tugasnya bisa kalian simak melalui informasi di bawah ini.
Pengertian Customer Service Bank
Customer service bank merupakan posisi yang banyak dicari pada industri perbankan. Kepopuleran posisi ini setara dengan teller. Kepopulerannya karena memang lowongan ini sangat mudah untuk dicari.
Berbicara tugas tentunya CS memiliki tugas lebih kompleks dibandingkan dengan teller. CS bank akan membantu pembukaan rekening bank sampai dengan menanggapi komplain nasabah.
CS juga harus memahami berbagai macam produk bank dan menjelaskannya ke para nasabah. Jadi itulah kenapa CS mempunyai peran yang tergolong krusial dan menjadi pintu masuk nasabah untuk mengenal produk perbankan.
Untuk penyampaiannya kepada customer, CS perlu memberikan pelayanan yang terbaik supaya nasabah bisa loyal ke perusahaan.
Tidak hanya itu saja CS juga harus dapat membina hubungan jangka panjang ke para nasabahnya untuk mendukung keberlangsungan operasional pada perusahaan. Terdapat beberapa dasar pelayanan yang perlu dimiliki oleh CS bank, yakni:
- Berpenampilan bersih, rapi, dan menarik
- Mudah beradaptasi, ramah, percaya diri, dan mudah tersenyum
- Tekun, hormat, dan sopan dalam mendengarkan semua pembicaraan
- Menyapa secara lembut serta berusaha menyebutkan nama
- Berkomunikasi memakai bahasa yang benar dan baik
- Antusias saat melayani pelanggan
- Mampu memberikan kepuasan untuk pelanggan
Macam-Macam Tugas Customer Service Bank
Banyak yang beranggapan jika tugas dari CS bank sebatas menerima panggilan nasabah. Padahal tugasnya lebih dari itu, tentunya seorang CS bank mempunyai tanggung jawab dalam melaksanakan beberapa tugas seperti:
1. Melayani Nasabah
Tugas yang paling utama yakni melayani nasabah. Jadi ketika menjadi CS tentunya harus siap sedia menghadapi berbagai keluhan, keperluan, dan pertanyaan dari para nasabah.
Bentuk pelayanan untuk para nasabah tentu saja berkaitan dengan produk perbankan. Jadi CS harus bisa menguasai product knowledge dari perusahaan.
2. Menyelesaikan Masalah Para Nasabah
Pernahkah kalian pernah mengalami kendala seperti kartu ATM tertelan pada mesin ATM? Jika iya, tentunya ketika akan membuat kartu ATM baru akan dilayani oleh CS bank.
Melalui gambaran tersebut, tentunya petugas customer service perlu memahami secara baik mengenai bagaimana cara menyelesaikan masing-masing permasalahan yang dihadapi nasabah.
3. Mengurus Administrasi Nasabah
Tugas customer servicebank lainnya yaitu mengurus administrasi nasabah. Administrasi tadi bisa berbentuk mencetak struk bukti transfer, pembayaran, sampai dengan mencetak buku tabungan.
4. Memberikan Penawaran Produk
Umumnya sebuah bank mempunyai banyak produk yang nantinya akan ditawarkan ke nasabah serta calon nasabah. Memberikan berbagai penawaran produk yang dimiliki oleh bank termasuk dalam salah satu dari tugas CS bank.
Jadi sekali lagi ditegaskan bahwa CS bank harus mempunyai pemahaman mengenai product knowledge secara bagus.
5. Melakukan Pembukaan Rekening Hingga Pemblokiran Rekening Nasabah
Hal-hal yang tidak dapat dipisahkan dari tugas seorang CS bank yaitu membuat pembukaan, penutupan, sampai dengan pemblokiran rekening.
Berbicara mengenai kasus penutupan serta pemblokiran rekening umumnya dikarenakan nasabah mengalami kehilangan sampai kebocoran data. Sehingga untuk menyelamatkan satwa lainnya sampai mengamankan saldo dalam rekening diperlukan penutupan sampai pemblokiran akun.
Pemblokiran juga dapat ditujukan untuk nasabah lainnya karena sebuah komplain. Umumnya kasus ini terjadi dikarenakan pemilik rekening sudah melakukan tindak kejahatan, semacam pencurian dana dan penipuan.
Tentunya dengan adanya bukti valid maka CS bank memiliki kewenangan dalam melakukan pemblokiran untuk akun yang sudah dilaporkan.
6. Menyampaikan Informasi yang Diperlukan Nasabah
Mempunyai banyak nasabah itu artinya harus siap dalam menyelesaikan banyak masalah yang ada. Paling sering tugas dari CS bank ini menyampaikan informasi yang berkaitan dengan jumlah saldo pada sebuah rekening.
Hal tersebut memang terdengar sepele terlebih untuk kalian yang sudah hidup di zaman serba teknologi hingga sekarang dimana m-banking yang dapat memberikan banyak fasilitas pengecekan saldo secara mudah.
Walaupun begitu, banyak pula nasabah yang menanyakan informasi terkait saldonya. Untuk beberapa kesempatan, penyampaian untuk saldo rekening dapat disertai dengan cara pencetakan rekening koran nasabah.
7. Menjaga Hubungan Baik Bersama Nasabah
CS bank ibarat penyambung lidah antara bank serta nasabah. Maka CS haruslah bersikap ramah untuk para nasabah supaya hubungan bisa tetap berjalan secara baik. Banyak yang beranggapan jika CS yang baik dapat mencerminkan reputasi bank.
Jadi itulah tugas customer service bank yang bisa kalian ketahui. Jadi antara teller dan CS mempunyai tugas yang berbeda yang mana CS tergolong lebih kompleks.
Leave Your Comment