Syarat & Ketentuan

Amandemen Perjanjian Pengguna

Jobsee.id berhak untuk mengubah atau memodifikasi Perjanjian Pengguna secara keseluruhan atau sebagian dari waktu ke waktu, tanpa pemberitahuan (kecuali pemberitahuan sebelumnya tersebut diwajibkan oleh hukum), kami akan mengirimkan pemberitahuan modifikasi material ke alamat email Anda jika diperlukan. revisi ini juga akan diposting di situs Jobsee.id. Versi terbaru dari Perjanjian Pengguna akan efektif diberlakukan pada saat kami posting.

1.Gambaran Umum

1.1 Penggunaan Istilah

  • Akun: Ini adalah profil pribadi yang Anda buat di platform. Ini mencakup informasi pribadi Anda dan riwayat aktivitas Anda di situs.
  • Anggota: Ini merujuk kepada pengguna yang terdaftar di situs web, baik mereka adalah freelancer atau klien yang mencari layanan.
  • Saldo Tersedia: Ini adalah jumlah uang yang Anda miliki di akun Anda yang dapat digunakan untuk pembayaran proyek atau ditarik ke rekening bank Anda.
  • Klien: Klien adalah pengguna yang mencari layanan atau proyek di situs untuk dikerjakan oleh freelancer.
  • Fee: Ini adalah biaya atau komisi yang dikenakan oleh platform seperti JobSee.id sebagai imbalan atas penggunaan layanan mereka.
  • Freelance: Ini adalah jenis pekerjaan sementara atau proyek yang dapat dikerjakan oleh individu atau freelancer.
  • Freelancer: Freelancer adalah individu yang menawarkan jasa mereka untuk menyelesaikan proyek atau tugas tertentu.
  • Banding: Ini mengacu pada proses permintaan perbandingan atau peninjauan jika terdapat sengketa antara klien dan freelancer terkait proyek.
  • Penggugat: Ini adalah pihak yang mengajukan keluhan atau tuntutan terhadap pihak lain dalam kasus sengketa.
  • Tergugat: Ini adalah pihak yang dituduh dalam kasus sengketa atau tuntutan yang diajukan oleh penggugat.
  • Layanan: Ini adalah jenis pekerjaan atau tugas yang dapat dicari atau ditawarkan di platform.
  • Proyek: Proyek adalah tugas atau pekerjaan tertentu yang ditawarkan oleh klien kepada freelancer untuk diselesaikan.
  • Proposal: Ini adalah dokumen yang diajukan oleh freelancer kepada klien yang menjelaskan bagaimana mereka akan menyelesaikan proyek dan berapa biayanya.


1.2 Mekanisme Dasar

Jobsee.id merupakan “Marketplace Freelancer” atau tempat transaksi (menawarkan jasa/layanan dan mencari proyek) secara online antara Klien (pemberi kerja/ pengguna jasa) dan Freelancer (pekerja/ penyedia jasa).

2. Pengguna

Individu (baik itu organisasi atau perusahaan) menjadi Pengguna ketika mereka berhasil mendaftar dan membuka akun di JobSee.id sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Sebagai Pengguna, mereka memiliki hak untuk mengakses dan menggunakan seluruh fitur dan layanan yang disediakan oleh JobSee.id. Ini termasuk kemampuan untuk memposting proyek freelance, mencari freelancer, menawarkan jasa, serta menjelajahi berbagai proyek yang tersedia di platform ini.

Pengguna hanya boleh menggunakan platform ini untuk berpartisipasi dalam transaksi proyek freelance atau transaksi lain yang sesuai dengan prinsip-prinsip kerja sama yang saling menguntungkan. Setiap Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas aktivitas yang terjadi di akun mereka, termasuk keamanan dan kerahasiaan akun mereka. Dalam hal terdeteksi penggunaan yang tidak sah atau potensi pelanggaran terhadap ketentuan ini, diharapkan Pengguna untuk segera melaporkannya kepada tim JobSee.id untuk tindakan lebih lanjut.

2.1 Syarat Pengguna

situs jobsee.id memiliki kebijaksanaan mutlak untuk menerima atau menolak pengguna tertentu (individu, organisasi atau perusahaan):

  • Individu berusia diatas 17 (tujuh belas) tahun;
  • Organisasi atau Perusahaan (melampirkan akta pendirian perusahaan atau keterangan lainnya sesuai dengan hukum yang berlaku).

Jika pengguna tidak memenuhi persyaratan sebagaimana yang telah ditetapkan, Anda tidak dapat menggunakan layanan Jobsee.id. Setiap Pengguna bertanggung jawab terhadap apa yang terjadi pada akun Anda dan harus melaporkan setiap penggunaan yang tidak sah dari akun Anda kepada kami.

2.2 Keanggotaan

Jobsee.id berhak untuk me-non-aktifkan keanggotaan siapa saja tanpa pemberitahuan, jika memiliki kondisi seperti berikut:

  • Individu dibawah 17 (tujuh belas) tahun;
  • Organisasi atau Perusahaan yang mendaftarkan brand/nama perusahaan yang tidak memiliki bukti valid;
  • Memiliki akun ganda;
  • Membuat kesepakatan di luar Jobsee.id berkaitan dengan project dengan menawarkan transaksi secara langsung, seperti mentransfer langsung ke rekening worker tanpa melalui rekening Josee.id.

 

2.3 Ketentuan Pengguna

Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Jobsee.id hanya berperan sebagai perantara dan penyedia platform untuk memudahkan pengguna dalam melaksanakan transaksi proyek serta jual beli secara online. Dengan demikian, pengguna harus menyadari dan menerima bahwa Jobsee.id tidak memegang kontrol terhadap kualitas atau legalitas layanan profesional yang dihadirkan oleh pengguna di platform kami, kapabilitas pengguna untuk menawarkan servis atau menuntaskan tugas, atau ketersediaan produk digital yang ditawarkan.

Kami tidak memberi jaminan bahwa pengguna akan menyelesaikan layanan profesional atau berperilaku sesuai dalam mengoperasikan situs kami.

Kami mengharapkan pengguna dapat melaksanakan semua tindakan dan aktivitas yang diperlukan dengan penuh pertimbangan dan kebijakan saat mengakses Jobsee.id.

2.4 Aturan Main

Dalam rangka menjaga integritas dan kenyamanan penggunaan platform Jobsee.id, pengguna diwajibkan untuk mematuhi aturan main sebagai berikut. Pelanggaran terhadap aturan ini dapat menyebabkan sanksi seperti suspensi atau penghapusan akun.

  • Semua komunikasi, transaksi, dan kesepakatan antar pengguna harus dilakukan melalui platform Jobsee.id. Transaksi di luar platform adalah dilarang dan dapat mengakibatkan tindakan disiplin.
  • Pengguna dilarang mempromosikan atau mengiklan sesutau di platform Jobsee.id, kecuali disetujui oleh administrasi platform.
  • Memposting, menjual, mengerjakan, atau membeli pekerjaan atau produk yang melanggar hukum, mengandung unsur SARA, atau merendahkan martabat pihak lain.
  • Setiap pengguna hanya diperbolehkan memiliki satu akun.
  • Menyalahgunakan atau melanggar hak cipta, paten, merek dagang, atau hak kekayaan intelektual lainnya yang dimiliki oleh pihak lain.
  • Membagikan informasi atau dokumen yang diperoleh melalui platform kepada pihak ketiga tanpa izin dari pemilik hak.
  • Memberikan ulasan palsu atau kritik negatif yang tidak konstruktif terhadap pengguna lain.
  • Setiap bentuk penipuan atau usaha penipuan oleh pengguna atau pihak ketiga adalah dilarang dan akan dikenai sanksi yang tegas.
  • Membatalkan proyek : 1. Klien yang membatalkan proyek berlangsung akan dikenakan denda sebesar 5% dari total yang dibayarkan 2. Pengembalian dana hanya bisa dilakukan dengan cara menggunakan fitur banding 3. Dalam proses banding, kami akan meninjau apakah pengembalian dana memenuhi syarat atau tidak. 

3. Hubungan Pengguna dan Jobsee.id

Para pengguna yang terdaftar di Jobsee.id adalah individu atau badan hukum yang mendaftar secara mandiri. Jobsee.id berfungsi sebagai platform yang menghubungkan penyedia jasa (freelancer) dengan pihak yang membutuhkan jasa (klien). Kedua pihak bertanggung jawab sepenuhnya atas komunikasi, negosiasi, dan transaksi yang terjadi di antara mereka.

Jobsee.id hanya bertindak sebagai perantara yang menyediakan platform untuk memudahkan proses pertemuan antara penyedia jasa dan klien. Jobsee.id tidak terlibat dalam perjanjian atau kontrak yang mungkin dibuat antara penyedia jasa dan klien.

Meskipun Jobsee.id melakukan upaya untuk memastikan keaslian informasi yang diposting oleh pengguna, kami tidak memberikan jaminan mengenai keakuratan, keandalan, atau kebenaran dari konten yang diposting oleh pengguna. Setiap pengguna bertanggung jawab untuk melakukan due diligence atau verifikasi sendiri sebelum melakukan transaksi.

Dalam hal terjadi sengketa antara penyedia jasa dan klien, kedua pihak dapat memanfaatkan fitur "Banding" yang disediakan oleh Jobsee.id. Melalui fitur ini, kedua pihak diberikan kesempatan untuk menyajikan argumen dan bukti mereka. Jobsee.id menyarankan untuk berkomunikasi menggunakan chat di Jobsee.id, hanya komunikasi di dalam Jobsee.id yang dapat dijadikan sebagai bukti. Komunikasi di luar platform Jobsee.id tidak dapat dijadikan sebagai referensi atau bukti dalam penyelesaian sengketa. Jobsee.id akan bertindak sebagai mediator dan akan berupaya memberikan solusi yang adil dan objektif. Keputusan dari Jobsee.id dalam hal ini bersifat final dan mengikat kedua belah pihak.

4. Penggunaan Platform

  • Untuk bergabung sebagai Pemberi Kerja atau Freelancer di Platform, pengguna harus mengikuti prosedur pendaftaran yang ditetapkan atau langkah yang mungkin diperbarui di kemudian hari.
  • Pengguna wajib memastikan keakuratan dan kelengkapan data saat mendaftar. Apabila terdapat kesalahan, ketidaktepatan, atau kekurangan informasi yang ditemukan oleh Perusahaan, baik saat proses pendaftaran maupun setelahnya, Perusahaan memiliki kewenangan untuk mengambil tindakan seperti menangguhkan atau membatalkan akun, serta meminta ganti rugi atas potensi kerugian yang ditimbulkan.
  • Pendaftaran di Platform dilakukan tanpa biaya. Namun, Perusahaan akan memperoleh komisi atas penggunaan Layanan Platform. Komisi ini mencakup biaya layanan dan administrasi dengan tarif yang ditetapkan dan diinformasikan melalui Platform. Harap diperhatikan bahwa tarif ini dapat berubah dan akan diberitahukan melalui platform. Komisi ini akan dipotong langsung dari pendapatan Freelancer, tanpa biaya tambahan bagi Pemberi Kerja.
  • Untuk informasi lebih detail mengenai Layanan Freelancer, pengguna hanya bisa mengakses melalui halaman pekerjaan atau kotak pesan di Platform. Jika terdeteksi upaya untuk melakukan transaksi di luar Platform, seperti pembayaran deposit atau sebagian, kecuali dalam skema pembayaran bertahap yang diizinkan oleh Platform, maka Perusahaan akan menganggap hal tersebut sebagai pelanggaran terhadap ketentuan penggunaan. Dalam hal ini, Perusahaan memiliki hak untuk mengambil tindakan yang dianggap perlu, termasuk penangguhan atau penghapusan akun.

4.1 Mempekerjakan

Jika Klien ingin mempekerjakan Freelancer untuk melakukan Pekerjaan apa pun di Platform, Klien harus melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Klien dan Freelancer wajib berinteraksi melalui halaman deskripsi Pekerjaan agar Freelancer dapat memahami kebutuhan Klien. Jika terdapat kesepakatan baru, Freelancer dapat mengirim penawaran baru kepada Klien. Tidak diperkenankan bagi Klien maupun Freelancer untuk mengajak atau memberikan rangsangan kepada calon klien agar melakukan transaksi di luar Platform.
  2. Klien dapat menerima penawaran kerja yang dikirim oleh Freelancer dihalaman 'Daftar Penawaran' di dahsboard. Saat membuat Pesanan dan menyetujui syarat-syarat yang telah disebutkan, Pihak Klien harus terlebih dahulu membayar untuk Pekerjaan melalui Platform. Jika Klien tidak melakukan pembayaran dalam periode tersebut, sistem akan otomatis membatalkan Penawaran.
  3. Setelah pembayaran dilakukan, Freelancer dapat mulai melakukan pekerjaan dan memperbarui progress pekerjaan dihalaman progres.
  4. Setelah pekerjaan selesai, Klien dapat mengubah status pesanan menjadi ‘Selesai’ dihalaman ‘Layanan Berlangsung’, dan pembayaran akan masuk ke dompet freelancer.
  5. Jika terdapat masalah, Klien dapat membatalkan pesanan dan mengembalikan dana dengan cara mengajukan banding. Keputusan untuk mengembalikan uang akan menjadi kebijakan tunggal Perusahaan.

4.2 Pesanan yang Dibatalkan dan Pengembalian Dana

  1. Setelah pesanan dibuat, jika Klien perlu menghentikan pekerjaan, Klien dapat membatalkan pesanan dengan cara mengubah status pesanan menjadi ‘Batalkan’. Kemudian Perusahaan akan menentukan kesesuaian pembatalan Pesanan di mana Perusahaan memiliki hak mutlak dan tunggal untuk memutuskan apakah pengembalian dana tersebut. Keputusan untuk dipertimbangkan mencakup faktor-faktor seperti pelanggaran perjanjian, pelanggaran hak Pengguna lain, dll.
  2. Pesanan tidak dapat dibatalkan jika Freelancer telah mengirimkan Pekerjaan yang telah diselesaikan sebagaimana dijelaskan pada halaman deskripsi Pekerjaan dan/atau Penawaran. Jika Klien tidak puas dengan kualitas Pekerjaan, Klien dapat meninjau dan menilai evaluasi Pekerjaan yang diterima sebagaimana mestinya.
  3. Jika Perusahaan mempertimbangkan dan menganggap tepat untuk membatalkan Pesanan, jumlah yang terkait dengan Pesanan yang dibatalkan akan dibayarkan kembali dan dikembalikan kepada Klien.

4.3 Ulasan

  1. Ulasan dan evaluasi kinerja terhadap suatu pekerjaan adalah komponen esensial dalam mekanisme penilaian di Platform kami. Hal ini bertujuan untuk menciptakan transparansi dan membangun kepercayaan antara kedua belah pihak, yaitu Klien dan Freelancer.
  2. Setiap Klien berhak memberikan ulasan dan penilaian kepada Freelancer setelah pesanan selesai dilaksanakan. Hal ini tidak hanya membantu Freelancer dalam mendapatkan masukan untuk peningkatan kualitas pekerjaan di masa mendatang, namun juga memberikan panduan bagi Klien lain dalam memilih Freelancer.
  3. Namun, perlu diperhatikan bahwa Perusahaan memiliki wewenang penuh terhadap segala bentuk ulasan yang dipublikasikan di Platform. Ini berarti, jika sebuah ulasan dianggap melanggar Kebijakan Privasi Platform atau Ketentuan Penggunaan, Perusahaan dapat mengambil langkah-langkah tertentu, termasuk menghapus ulasan tersebut tanpa perlu memberikan pemberitahuan lebih lanjut kepada pihak yang bersangkutan.
  4. Selanjutnya, ulasan yang diberikan oleh Klien akan ditampilkan di halaman Layanan atau jasa yang ditawarkan oleh Freelancer. Ini memberikan gambaran bagi calon Klien lain mengenai kualitas pekerjaan dan profesionalitas dari Freelancer yang bersangkutan.

5. Jaminan Klien

Di Jobsee.id, kami memahami betapa pentingnya keamanan dan kepercayaan dalam dunia freelancer. Oleh karena itu, kami memberikan jaminan khusus untuk Klien atau Pemberi Kerja dengan syarat-syarat berikut:

  1. Klien tidak membagikan alamat email, nomor telepon, atau detail akun jejaring sosial (seperti LINE, WhatsApp, WeChat, Facebook, dll.). Langkah ini tidak hanya melindungi Anda dari potensi risiko penipuan tetapi juga memastikan bahwa semua transaksi berlangsung di dalam lingkungan yang aman.
  2. Semua pertanyaan atau diskusi tambahan seputar proyek harus dilakukan melalui fasilitas komunikasi yang telah kami sediakan di dalam platform.
  3. Tidak boleh menawarkan, mendukung, atau mendorong Freelancer untuk mengalihkan pekerjaan atau transaksi ke luar dari Jobsee.id. Hal ini melindungi kedua belah pihak dari potensi risiko.
  4. Segala bentuk interaksi yang menyerupai tindakan phishing, spam, atau tindakan ilegal lainnya adalah pelanggaran dari ketentuan kami. Selalu berkomunikasi dengan profesionalisme dan integritas.
  5. Setiap informasi atau percakapan yang terjadi antara Anda dan Freelancer di Halaman Kerja merupakan informasi rahasia. Freelancer diwajibkan untuk menjaga kerahasiaan informasi tersebut dan tidak boleh membagikannya tanpa persetujuan Anda

6. Hak Perusahaan

  1. Demi menjaga kepentingan serta keamanan para Pengguna, setiap transaksi pembayaran harus dilakukan melalui platform Jobsee.id. Dengan demikian, Freelancer mendapatkan kepastian atas hak mereka terhadap pembayaran, sementara Klien diberikan jaminan pengembalian dana apabila hasil kerja Freelancer tidak sesuai dengan kesepakatan.
  2. Meskipun Perusahaan berupaya untuk memfasilitasi terciptanya kualitas kerja yang baik, kami tidak memberikan jaminan eksplisit atau implisit mengenai kualitas dan ketepatan waktu pekerjaan dari Freelancer.
  3. Perusahaan tidak memikul tanggung jawab untuk setiap transaksi kerja atau pembayaran yang dilakukan di luar platform Jobsee.id. Hal serupa berlaku untuk segala bentuk komunikasi antara Klien dan Freelancer di luar lingkungan platform.
  4. Penerbit lisensi, penyedia layanan, karyawan, agen, dewan direksi, serta seluruh pihak yang terlibat dalam operasional Perusahaan, dibebaskan dari segala bentuk tanggung jawab yang mungkin timbul dari penggunaan Platform. Ini mencakup kerugian secara langsung maupun tidak langsung, kerusakan materil atau immateril, kehilangan potensi bisnis, atau kerugian lain yang terkait dengan penggunaan Platform.
  5. Apabila terjadi kerugian, seperti kerusakan materil, gangguan psikologis, kehilangan pendapatan, atau bentuk kerugian lainnya yang disebabkan oleh interaksi antara Pengguna di Platform, Perusahaan dengan tegas menyatakan bahwa kerugian tersebut tidak diasuransikan dan tidak menjadi tanggung jawab Perusahaan.
  6. Perusahaan beserta timnya berhak untuk melakukan pemeriksaan atau menerima laporan dari Klien, atau entitas lain di Platform, guna mengkaji riwayat pekerjaan, pesanan, komunikasi, transaksi keuangan, dan seluruh informasi lain terkait Freelancer tanpa perlu pemberitahuan terlebih dahulu. Apabila ditemukan bahwa Freelancer telah melanggar peraturan yang berlaku di Platform, Perusahaan akan segera memberikan informasi kepada pihak terkait melalui beragam media komunikasi, seperti email, notifikasi di aplikasi/situs, SMS, atau panggilan telepon. Freelancer diberikan kesempatan untuk memberikan klarifikasi dan membela diri dalam periode waktu yang telah ditentukan. Jika ditemukan bukti kuat atas pelanggaran yang dilakukan oleh Freelancer, maka Perusahaan dan timnya memiliki wewenang untuk memberikan sanksi yang dianggap pantas, termasuk pemotongan kompensasi atau penangguhan hak-hak tertentu yang seharusnya diterima oleh Freelancer. Keputusan yang diambil oleh Perusahaan adalah final.

7. Penyelesaian Sengketa Antara Freelancer dan Klien

Di tengah dinamikanya kerja antara Freelancer dan Klien, mungkin saja muncul perbedaan pandangan atau ketidaksepakatan terkait Jasa/Layanan yang sedang berlangsung. Untuk menjamin keadilan dan profesionalitas dalam menangani hal tersebut, jobsee.id menyediakan mekanisme penyelesaian sengketa sebagai berikut:

  1. Jika terjadi ketidaksepakatan atau ketidakpuasan terkait Jasa/Layanan, baik Freelancer maupun Klien berhak mengajukan Banding melalui Platform jobsee.id. Banding harus dilengkapi dengan alasan yang jelas, bukti pendukung, serta kronologi permasalahan.
  2. Setelah Banding diajukan, tim jobsee.id akan melakukan peninjauan menyeluruh terhadap permasalahan yang diberitahukan. Peninjauan ini melibatkan analisis dokumentasi, bukti-bukti yang diajukan, serta korespondensi antara Freelancer dan Klien di Platform.
  3. Berdasarkan hasil tinjauan, jobsee.id akan mengambil keputusan yang dianggap paling adil bagi kedua pihak. Keputusan ini didasarkan pada fakta, bukti, serta ketentuan yang berlaku di Platform jobsee.id. Keputusan yang diberikan oleh jobsee.id bersifat final dan mengikat. Kedua pihak tidak diperkenankan untuk mengajukan Banding atau sengketa lagi terkait masalah yang sama.

8. Ganti Rugi

Dengan memanfaatkan Platform ini, Pengguna menyatakan kesediaannya untuk mempertanggungjawabkan semua tindakan atau kelalaian yang dilakukan selama berinteraksi dalam layanan kami. Dalam hal Perusahaan mengalami kerugian, baik dari segi finansial, reputasi, maupun bentuk lainnya akibat pelanggaran Syarat dan Ketentuan atau aktivitas ilegal yang dilakukan Pengguna melalui Platform, maka Pengguna berkomitmen untuk mengganti seluruh kerugian yang diterima oleh Perusahaan. Selanjutnya, Pengguna setuju untuk membebaskan Perusahaan dari segala klaim, biaya hukuman, kompensasi, atau hutang lainnya yang mungkin timbul dari pelanggaran atau kesalahan tersebut.

9. Lain-lain

  1. Perusahaan memegang hak untuk memanfaatkan Konten yang Diciptakan oleh Pengguna, yang meliputi namun tidak terbatas pada pesan, gambar, video, nama akun, serta informasi tambahan lainnya, termasuk hasil karya yang diunggah melalui Platform, sebagai bagian dari upaya promosi dan publisitas layanan Perusahaan. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan eksposur dan mengembangkan keberadaan Perusahaan di ranah digital.
  2. Dalam konteks hak cipta dan kekayaan intelektual, kecuali ada ketentuan lain yang disepakati, kepemilikan atas sebuah karya yang telah diselesaikan dan dibayar penuh oleh Klien akan secara otomatis beralih kepada Klien, mengakui hak eksklusif atas karya tersebut. Namun, untuk karya yang pengerjaannya dibatalkan, hak atas karya tersebut akan tetap berada di tangan Freelancer, kecuali ada perjanjian khusus yang menyatakan sebaliknya.

Jika Anda ingin menanyakan informasi lebih lanjut tentang aturan dan pedoman, silakan hubungi kami.