Perbedaan Marketing dan Sales yang Perlu Diketahui

Banyak orang yang mengira bahwa antara marketing dan sales merupakan suatu kesatuan, padahal sebenarnya antara sales dan marketing sangat berbeda. Sales dan marketing merupakan dua fungsi terpisah. Apa saja perbedaan marketing dan sales? Yuk kita cermati beberapa ulasan berikut ini!

Pengertian Marketing dan Sales

Sebelum kita mengetahui perbedaan marketing dan sales, maka alangkah baiknya jika kita mengetahui pengertiannya masing-masing terlebih dahulu. Marketing sendiri ialah kegiatan yang dilakukan untuk menentukan harga, pendistribusian, promosi produk serta layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan untuk dapat mencapai tujuan bisnis.

Sedangkan sales ialah suatu kegiatan yang dilakukan untuk membujuk pelanggan agar dapat membeli produk ataupun layanan dari perusahaan, jadi dapat dikatakan bahwa sales ialah suatu tujuan inti dari marketing.

Perbedaan Antara Sales dan Marketing

Setelah mengetahui pengertian dari sales dan marketing, maka kita bisa dengan mudah mengetahui perbedaan antara keduanya. Berikut ini ialah beberapa perbedaan marketing dan sales di berbagai aspek yang perlu kita ketahui, diantaranya yaitu:

1. Target

Perbedaan antara sales dan marketing yang pertama ialah pada target. Dalam dunia marketing memiliki target utama berupa mempromosikan produk serta layanan perusahaan dengan menggunakan berbagai cara yang menarik dan memikat. Hal ini dikarenakan tujuan utama tugas seorang marketing ialah untuk dapat meningkatkan jangkauan bisnis ke berbagai pelanggan.

Selain itu, tugas lainnya ialah mempertimbangkan semua faktor untuk dapat mempengaruhi konsumen untuk dapat membeli produk dan layanan perusahaan. Sedangkan dalam kegiatan sales memiliki target utama berupa mengarahkan calon pembeli sampai pada tahap pembelian. Sales sendiri memiliki target yang bersifat jangka pendek seperti mingguan ataupun bulanan.

Baca Juga:  Telemarketing Adalah? Ini Deskripsi Pekerjaannya!

2. Sumber daya

Sebelum membahas mengenai perbedaan sumber daya yang digunakan oleh tim sales dan tim marketing, maka kita perlu mengetahui terlebih dahulu alat yang digunakan oleh kedua tim tersebut. Salah satu sumber daya atau alat yang sama-sama digunakan oleh tim sales dan marketing ialah sosial media. Orang marketing banyak yang menggunakan media sosial untuk menarik perhatian audiens, sedangkan untuk sales menggunakan media sosial sebagai strategi untuk proses penjualan.

Adapun untuk sumber daya yang berbeda yang digunakan oleh sales dan marketing cukup banyak. Adapun alat-alat yang digunakan dalam dunia sales seperti:

  • Alat yang digunakan untuk menyiapkan faktur
  • Alat yang digunakan untuk persiapan dokumen
  • Alat untuk melakukan penjadwalan serta rapat
  • Alat untuk dapat mengelola email
  • Alat yang digunakan untuk dapat mengelola pesanan.
  • Sedangkan alat-alat yang digunakan dalam dunia marketing, diantaranya yaitu:
  • Alat yang digunakan untuk pembuatan konten
  • Alat untuk SEO
  • Alat yang digunakan untuk menyiapkan data
  • Alat untuk melakukan pengelolaan proyek
  • Alat CRO atau Conversion rate optimization.

3. Proses

Selain berbeda dari aspek target dan sumber daya, antara sales dan marketing juga memiliki perbedaan dalam prosesnya. Dimana untuk seorang marketing biasanya akan membahas mengenai produk, harga produk, target pasar produk serta cara mempromosikan nya. Sedangkan untuk tim sales prosesnya yaitu menetapkan tujuan serta menjabarkan rencana kampanye.

Rencana yang dilakukan oleh tim sales biasanya akan berbicara tentang proses yang terjadi selama penjualan, struktur tim, pasar dan target penjualan yang telah ditetapkan sebelumnya. Dengan begitu para sales akan menganalisis rencana agar dapat memenuhi target.

4. Strategi

Selain beberapa aspek di atas, aspek strategi antara tim sales dan tim marketing memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Dimana untuk tim marketing, strategi yang dilakukan sangat bergantung pada jenis kampanye yang digunakan serta target dari pelanggan. Strategi utama dari tim marketing seperti blog marketing, internet marketing, sosial media, SEO marketing dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Tugas Customer Service Bank, Tidak Sesederhana Yang Dibayangkan

Sedangkan strategi yang digunakan oleh tim sales yaitu bergantung pada metode yang digunakan dalam penjualan, jenis industri, pasar, jenis produk, dan lain sebagainya. Berikut ini ialah beberapa perbedaan strategi marketing dari tim sales dan tim marketing. Strategi yang digunakan marketing dalam menjalankan tugas, diantaranya yaitu:

  • Visi serta tujuan perusahaan
  • Tujuan dari pemasaran
  • Adanya inisiatif
  • Penentuan posisi
  • Tujuan pemasaran
  • Analisis SWOT

Sedangkan strategi penjualan yang dilakukan oleh tim sales yaitu:

  • Melakukan pelacakan prospek
  • Strategi diskon
  • Pertemuan dengan pelanggan
  • Forecasting
  • Prospecting
  • Opportunity tracking
  • Channel support

Dan masih banyak lagi strategi-strategi yang dilakukan oleh tim sales dan marketing guna mencapai target penjualan yang diharapkan.

Demikian beberapa informasi terkait dengan perbedaan marketing dan sales yang perlu kita ketahui. Dengan mengetahui perbedaan antara keduanya maka kita dapat dengan mudah mengenali mana tugas sales dan mana tugas seorang marketing. Yuk kenali job desk masing-masing posisi kerjaan agar tidak salah memilih posisi yang kita inginkan!

Indra Wansyah

Author Since: Oktober 7, 2023

Tidak ada hal yang mustahil.

Leave Your Comment