Cara Menolak Tawaran Kerja Secara Profesional dan Sopan

Menolak penawaran kerja suatu perusahaan sebenarnya merupakan hal yang tergolong sah untuk dilakukan. Akan tetapi banyak yang beranggapan hal itu kurang sopan bahkan takut menyinggung. Sebenarnya jika cara menolak tawaran kerja yang dilakukan professional dan sopan tidak masalah.

Jika kalian tengah dalam kondisi yang bingung dikarenakan memperoleh tawaran kerja padahal saat ini sudah menempati sebuah posisi nyaman di suatu perusahaan maka tidak ada salahnya menolak.

Untuk yang merasa kebingungan bagaimana attitude menolak tawaran pekerjaan dengan halus namun tetap sopan dan profesional maka bisa menyimak cara berikut ini.

Cara Menolak Tawaran Kerja Secara Sopan dan Profesional

Kata kunci yang perlu untuk kalian garis bawahi yakni bahasa yang digunakan harus sopan serta perilaku profesional. Kedua hal tadi tentunya membuat perusahaan yang memberikan penawaran akan menilai kalian sebagai sosok baik walaupun tawaran tadi kalian tolak.

Jika sebelumnya kita telah membahas cara mendeskripsikan diri, berikut ini beberapa cara untuk menolak tawaran kerja dengan cara yang halus yang dapat dipraktekkan.

1. Pikirkan Secara Baik dan Tenang

Untuk kalian yang masih mempunyai pertimbangan, maka sebaiknya pastikan untuk memikirkan tawaran tadi secara baik dan juga tenang. Terlebih untuk kalian yang fresh graduate tentunya akan merasa gugup ketika menolak penawaran baik yang datang.

Usahakan tidak memutuskan suatu hal saat kalian tengah merasa sangat bersemangat. Usahakan mendiskusikannya terlebih dahulu baik ke teman ataupun keluarga. Jangan sampai keputusan yang diambil akan membawa penyesalan.

2. Balas Pesan Segera, Jangan Pernah Ditunda

Seperti yang sudah disebutkan sekilas diatas yaitu attitude untuk menolak tawaran kerja yakni jangan pernah membuat HR atau rekruter menunggu.

Baca Juga:  Apa Itu Freelancer? Ini Dia Kekurangan & Kelebihannya

Jika memang sudah yakin segera balas dan berikan kepastian, jangan sampai berpikir terlalu lama. Jangan menunda sampai berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Hal ini karena HR juga memerlukan kepastian apakah perlu menunggu atau tidak.

3. Ucapkan Terima Kasih

Tidak hanya membalas dengan cepat namun sampaikan juga rasa terima kasih ke HR atas tawaran yang sudah diberikan.

Bagaimanapun perusahaan tadi sudah menganggap kalian sebagai sosok yang memang layak untuk bekerja di perusahaan.

Jadi memang sudah sepatutnya kalian menyampaikan perasaan senang jadi HR yang mengirimkan tawaran tadi merasa dihargai.

4. Apresiasi dengan Senang Hati

Cara menolak tawaran kerja selanjutnya yakni menunjukkan jika kalian merasa sangat senang serta menghargai tawaran tersebut.

Walaupun tidak dapat menerima offering dari HR, namun itu artinya kalian dipandang sebagai seseorang yang qualified. Seperti yang diketahui pencari kerja jumlahnya sangat banyak dan kalian malah ditawari.

Jadi, jangan lupa untuk menyampaikan rasa syukur dengan cara mengapresiasi perusahaan yang sudah menawari kalian pekerjaan.

5. Berikan Alasan Secara Jelas

Ketika kalian sudah positif menolak tawaran kerja maka pastikan memberitahukan secara jelas alasannya.

Baiknya kalian mempunyai alasan yang tergolong professional, jadi tidak ada sebuah kesan buruk di mata perusahaan.

Pergunakanlah kata yang jelas, to-the-point, dan juga sopan. Banyaknya alasan dapat kalian bersikap sesuai pada tahap yang telah dilalui. Tentunya semakin sedikit tahap seleksinya maka kalian akan memberikan alasan yang lebih singkat.

Namun memang hal itu sangat jarang terjadi karena umumnya terdapat 2-3 tahapan interview dalam kerja sebelum akhirnya memperoleh tawaran tadi.

Kalian dapat menuliskan jika pekerjaan yang ditawarkan tidak cocok ataupun tawaran yang diberikan tadi tidak sesuai ekspektasi.

Baca Juga:  Cara Mendeskripsikan Diri Sendiri agar Menarik dan Profesional

Jika tahapan yang dilakukan tergolong cukup banyak serta kalian memiliki hubungan yang tergolong cukup erat maka bisa memberikan alasan lebih detail ke recruiter.

Jika merasa kebingungan maka berikut adalah contoh alasan untuk menolak tawaran pekerjaan yang bisa dipakai untuk acuan:

“Setelah selesai melakukan pertimbangan secara matang soal peluang karir, kompensasi, dan lokasi kantor yang diperoleh, maka saya sudah menerima tawaran kerja untuk posisi Digital Marketing Manager pada perusahaan lain.”

“Dengan berbagai pertimbangan meliputi lokasi kantor, benefit, ekspektasi upah, dan juga tanggung jawab posisi yang diberikan, saya dengan berat hati perlu menolak tawaran dari bapak/ibu.”

6. Sampaikan Keinginan Untuk Terus Berelasi

Jangan pernah malu dan takut menyampaikan jika kalian tetap ingin menjalin hubungan secara baik dengan recruiter.

Dunia kerja kecil, tentunya akan sangat mungkin kalian bertemu kembali dengan para rekruter pada masa depan.

Tentunya dengan menjaga hubungan baik, koneksi yang dimiliki juga akan semakin luas. Ini menjadi sebuah nilai plus dalam perkembangan karir jangka panjang.

7. Periksa Kembali Sebelum Mengirimkan Balasan

Pastikan periksa kembali balasan sebelum dikirimkan. Jangan sampai balasan mengandung typo maupun salah dalam penyebutan nama. Setelah yakin seluruhnya benar maka email balasan baru dikirim.

Itulah beberapa cara menolak tawaran kerja dengan sopan dan profesional. Semoga informasi tersebut bisa membantu kalian dalam membuat penolakan dengan lebih baik.

Indra Wansyah

Author Since: Oktober 7, 2023

Tidak ada hal yang mustahil.

Leave Your Comment